SOAL UKK RPL 2016 Paket 1, Paket, 2 dan Paket 3- Selamat pagi kawan seperjuangan =D, masih semangatkan .. ?. Kemarin saya sudah membuat postingan tentang SOAL UKK TKJ 2016 Paket 1, Paket 2, Paket 3, hari ini saya sempatkan untuk berbagi Kisi - Kisi Soal Ukk RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ) tahun 2016 yang terdiri dari 3 paket. RPL adalah salah satu program keahlian yang ada di SMK. hampir semua SMK teknologi memiliki program keahlian RPL ini. Siswa - siswi Smk yang mengambil program keahlian RPL diharapkan kedepannya bisa menjadi entrepreneur yang bergerak di bidang perangkat lunak atau software.
SOAL UKK RPL Tahun 2016 ini terdiri dari 3 paket. Paket pertama peserta didik mampu membuat aplikasi poliklinik berbasis web / desktop pada jaringan internet. Pada Paket kedua peserta didik diharapkan mampu membuat aplikasi jasa laundry berbasis web / desktop pada jaringan internet. Dan pada paket ketiga peserta didik diharapkan mampu membuat aplikasi rental mobil berbasis web / desktop pada jaringan internet. Pada dasarnya semua paket sama yaitu membuat aplikasi yang dapat membantu pekerjaan pada bidang tertentu. oke langsung saja ke SOAL UKK RPL 2016.
Paket 1 ( Membuat Aplikasi Poloklinik Berbasis Web / Desktop pada jaringan internet.
Ujian praktek RPL terdiri dari 3 sesi :
1. Hari ke-1: 4 jam
Persiapan perangkat komputer server dan client, instalasi software pendukung dan pengecekan perangkat
2. Hari ke-1: 6 jam
Pembuatan web/database di komputer server meliputi table, relasi, dan pengisian masing-masing table, pembuatan query dan view.
3. Hari ke-2: 10 jam
Pembuatan web/aplikasi desktop dikomputer client dan mengkoneksikan aplikasi database ke komputer server
Ketentuan untuk pembuatan aplikasi sebagai berikut :
Pembuatan Database
a. Membuat PDM (Physical data Model) untuk “Aplikasi Poliklinik” dengan menggunakan perangkat yang telah disiapkan berdasarkan CDM (Conceptual Data Model)
b. Menyesuaikan tipe dan ukuran data dengan DBMS (software manajemen data/database) yang dipakai dan kebutuhannya.
c. Membuat view atau query dari satu atau beberapa tabel yang akan digunakan untuk menampilkan informasi melalui aplikasi dekstop dan atau eksekutif information sistem.
d. Masukkan beberapa data melalui DBMS yang telah tersedia
Aplikasi Berbasis Desktop :
a. Melakukan coding aplikasi berbasis desktop meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh operator untuk memanipulasi database (tambah, edit, hapus, pencarian, dan laporan (report) data.
1) Membuat menubar dan atau sub menu yang meliputi antara lain: login/logout, entri data, version, help/info.
2) Membuat toolbar untuk mengakses user interface.
3) Membuat user interface untuk memanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
4) Mengkoneksikan aplikasi (interface) ke database server.
Aplikasi Berbasis Web :
b. Melakukan coding aplikasi berbasis web meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh untuk menyimpan transaksi pembelian mobil
1) Membuat halaman utama web (home).
2) Membuat hyperlink.
3) Membuat atau mengedit gambar, logo atau animasi sebagai header atau banner halaman utama sesuai kebutuhan
4) Membuat user interface untuk memamanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
5) Membuat user interface untuk menampilkan informasi eksekutif.
6) Mengkoneksikan aplikasi ke database server.
c. Setelah aplikasi berhasil dibuat peserta diharapkan membuat hasil atau report dari aplikasi tersebut
d. Menguji aplikasi di komputer client maupun perangkat mobile melalui browser
Ketentuan pada program :
a. Security acces data;
b. Pembatasan acces end user sesuai dengan kepentingan;
c. Kompleksitas layanan yang dapat disajikan;
d. Kesesuaian tampilan dan fungsi tiap-tiap halaman/form.
e. Aplikasi dekstop: Source code sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai.
f. Aplikasi web: Source code dalam bentuk HTML
g. Mempunyai database.
h. Adanya/terdapat report.
Conceptual data Model untuk Basis data Aplikasi Poliklinik
PaketT 2 Membuat Aplikasi Jasa Laundry Berbasis Web / Desktop Pada Jaringan Internet.
Ujian praktek RPL terdiri dari 3 sesi :
1. Hari ke-1: 4 jam
Persiapan perangkat komputer server dan client, instalasi software pendukung dan pengecekan perangkat
2. Hari ke-1: 6 jam
Pembuatan web/database di komputer server meliputi table, relasi, dan pengisian masing-masing table, pembuatan query dan view.
3. Hari ke-2: 10 jam
Pembuatan web/aplikasi desktop dikomputer client dan mengkoneksikan aplikasi database ke komputer server
Ketentuan untuk pembuatan aplikasi sebagai berikut :
Pembuatan Database
a. Membuat PDM (Physical data Model) untuk “Aplikasi Jasa Laundry” dengan menggunakan perangkat yang telah disiapkan berdasarkan CDM (Conceptual Data Model) seperti terlihat dalam gambar di bawah.
b. Menyesuaikan tipe dan ukuran data dengan DBMS (software manajemen data/database) yang dipakai dan kebutuhannya.
c. Membuat view atau query dari satu atau beberapa tabel yang akan digunakan untuk menampilkan informasi melalui aplikasi dekstop dan atau eksekutif information sistem.
d. Masukkan beberapa data melalui DBMS yang telah tersedia
Pembuatan Aplikasi Berbasis Desktop :
a. Melakukan coding aplikasi berbasis desktop meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh operator untuk memanipulasi database (tambah, edit, hapus, pencarian, dan laporan (report) data.
1) Membuat menubar dan atau sub menu yang meliputi antara lain: login/logout, entri data, version, help/info.
2) Membuat toolbar untuk mengakses user interface.
3) Membuat user interface untuk memanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
4) Mengkoneksikan aplikasi (interface) ke database server.
Pembuatan Aplikasi Berbasis Web :
b. Melakukan coding aplikasi berbasis web meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh untuk menyimpan transaksi pembelian mobil
1) Membuat halaman utama web (home).
2) Membuat hyperlink.
3) Membuat atau mengedit gambar, logo atau animasi sebagai header atau banner halaman utama sesuai kebutuhan
4) Membuat user interface untuk memamanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
5) Membuat user interface untuk menampilkan informasi eksekutif.
6) Mengkoneksikan aplikasi ke database server.
c. Setelah aplikasi berhasil dibuat peserta diharapkan membuat hasil atau report dari aplikasi tersebut
d. Menguji aplikasi di komputer client maupun perangkat mobile melalui browser
Ketentuan dalam program :
a. Security acces data;
b. Pembatasan acces end user sesuai dengan kepentingan;
c. Kompleksitas layanan yang dapat disajikan;
d. Kesesuaian tampilan dan fungsi tiap-tiap halaman/form.
e. Aplikasi dekstop: Source code sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai.
f. Aplikasi web: Source code dalam bentuk HTML
g. Mempunyai data base.
h. Adanya/terdapat report.
Conceptual data Model untuk Basis Data Jasa Laundry
Paket 3 Membuat Aplikasi Rental Mobil Berbasis Web / Desktop Pada Jaringan Internet.
Ujian praktek RPL terdiri dari 3 sesi :
1. Hari ke-1: 4 jam
Persiapan perangkat komputer server dan client, instalasi software pendukung dan pengecekan perangkat
2. Hari ke-1: 6 jam
Pembuatan web/database di komputer server meliputi table, relasi, dan pengisian masing-masing table, pembuatan query dan view.
3. Hari ke-2: 10 jam
Pembuatan web/aplikasi desktop dikomputer client dan mengkoneksikan aplikasi database ke komputer server
Ketentuan untuk pembuatan aplikasi sebagai berikut :
Pembuatan Database
a. Membuat PDM (Physical data Model) untuk “Aplikasi Rental Mobil” dengan menggunakan perangkat yang telah disiapkan berdasarkan CDM (Conceptual Data Model) seperti terlihat dalam gambar di bawah.
b. Menyesuaikan tipe dan ukuran data dengan DBMS (software manajemen data/database) yang dipakai dan kebutuhannya.
c. Membuat view atau query dari satu atau beberapa tabel yang akan digunakan untuk menampilkan informasi melalui aplikasi dekstop dan atau eksekutif information sistem.
d. Masukkan beberapa data melalui DBMS yang telah tersedia
Pembuatan Aplikasi Berbasis Desktop :
a. Melakukan coding aplikasi berbasis desktop meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh operator untuk memanipulasi database (tambah, edit, hapus, pencarian, dan laporan (report) data.
1) Membuat menubar dan atau sub menu yang meliputi antara lain: login/logout, entri data, version, help/info.
2) Membuat toolbar untuk mengakses user interface.
3) Membuat user interface untuk memanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
4) Mengkoneksikan aplikasi (interface) ke database server.
Pembuatan Aplikasi Berbasis Web :
b. Melakukan coding aplikasi berbasis web meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh untuk menyimpan transaksi pembelian mobil
1) Membuat halaman utama web (home).
2) Membuat hyperlink.
3) Membuat atau mengedit gambar, logo atau animasi sebagai header atau banner halaman utama sesuai kebutuhan
4) Membuat user interface untuk memamanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
5) Membuat user interface untuk menampilkan informasi eksekutif.
6) Mengkoneksikan aplikasi ke database server.
c. Setelah aplikasi berhasil dibuat peserta diharapkan membuat hasil atau report dari aplikasi tersebut
d. Menguji aplikasi di komputer client maupun perangkat mobile melalui browser
Ketentuan dalam program :
a. Security acces data;
b. Pembatasan acces end user sesuai dengan kepentingan;
c. Kompleksitas layanan yang dapat disajikan;
d. Kesesuaian tampilan dan fungsi tiap-tiap halaman/form.
e. Aplikasi dekstop: Source code sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai.
f. Aplikasi web: Source code dalam bentuk HTML
g. Mempunyai data base.
h. Adanya/terdapat report.
Conceptual data Model untuk Basis Data Rental Mobil
Untuk lebih lengkapnya silahkan download perangkat 2072-P3-SPK-Rekayasa Perangkat Lunak
Semoga bermanfaat
2 komentar
mohon bantuan jawaban saol rpl paket 1, terima kasih
bantuannya RPL paket 3
Silahkan berikan komentar dengan bijak demi kemajuan blog ini
Tidak menerima komentar berupa SPAM atau semacamnya, jangan salahkan Author jika komentar anda dihapus
Terimakasih, Salam Handika
EmoticonEmoticon