-->

9/07/2016

Sehari yang lalu saya coba membuat hostpot login dengan mikrotik untuk area di sekolah khususnya area lab tempat saya bekerja. Untuk user loginnya masih terbatas admin saja, rencana nanti akan dibuatkan user untuk 30 siswa yang sedang melaksankan praktek di lab.
Error Pada Halaman Login Page Mikrotik


Pada hari pertama semua berjalan dengan lancar tanpa kendala dan muncul error satu pun. Tetapi Keesokan harinya saya coba mengkoneksikan lagi Wifi yang memiliki login page Mikrotik namun ketika login dengan akun admin yang sama dengan kemarin muncul pesan Error "No More Session Allowed For Username admin".

Masalah No More Session Allowed For Username admin :

Saya pun awalnya sedikit bingung, perasaan kemarin login dengan akun admin tidak ada masalah. Untuk itu saya coba mengartikan sendiri maksud dari pesan error "No More Session Allowed For Username admin".

Jika saya artikan  Tidak ada Sesi yang diijinkan untuk username admin. user admin tersebut sudah dipakai atau sedang dipakai oleh orang lain sehingga kita tidak bisa login dengan user admin.

Setelah dicari - cari konfigurasi untuk mengatasi masalah "No More Session Allowed For Username admin" akhirnya ketemu juga.

Permasalahannya berada pada Shared User yang terbatas. Konfigurasi Shared User ini berada pada 

IP > Hotspot > User Profile
Karena user admin yang saya gunakan masih menggunakan user profile default maka shared user mengikuti user profile default. Shared user pada user profil default adalah 1 maka user admin hanya dapat digunakan oleh 1 user / 1 orang.

Solusi untuk No More Session Allowed For Username admin :

Agar user admin tadi dapat digunakan oleh beberapa orang maka tambahkan shared user sesuai kebutuhan.

Cara Mengatasi  Menggunakan Winbox GUI

1. Buka Winbox untuk mengkonfigurasi mikrotik ( Mikrotik yang saya gunakan RB750 )
Isikan Ip Address / MacAddress Mikrotik saya sarankan login menggunakan Mac Address, Karena terkadang jika login melalui IP address tidak bisa karena terblokir oleh rule firewall dinamis.
Masukan user login dan Password lalu Tekan Connect

Cara Mengatasi Error No More Session Allowed For Admin

2. Klik IP > Hotspot > User Profile 
perhatikan pada Shared user. disitulah inti permasalah yang menimbulkan pesan error " No More Session Allowed for admin". Tambahkan Shared user sesuai kebutuhan jika user admin hanya ingin diakses oleh 2 orang atau 2 perangkat yang berbeda secara bersamaan maka kita set "2".
Cara mengatasi No More Session Allowed di Mikrotik

3. Klik 2X pada user yang ingin kita ubah jumlah shared usernya. Jika sudah selesai tekan Apply dan OK
Cara mengatasi No More Session Allowed di Mikrotik

Mengatasi Melalui Terminal di Mikrotik

Untuk langkah paling mudahnya bisa gunakan Terminal di Mikrotik. Berikut Perintah yang harus anda ketik

ip hotspot user profile edit default shared users

 Pada kasus kali ini yang ingin saya tambahkan jumlah shared-users untuk user default.
Jika anda ingin merubah jumlah shared pada user profile lain tinggal sesuaikan saja.



ubah angka sesuai dengan keingin anda.

Sampai disini anda sudah dapat mengatasi pesan Error "No More Session Allowed For User admin di Login Page Hotspot Mikrotik".
Saya menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi jika menurut master - master jaringan masih ada yang salah tolong koreksinya.

Terimakasih

7 komentar

auw,, auw,, kayaknya perlu belajar dulu niih

cara bobol wifi mikrotik nya gmna gan dirmah ane banyak wifi kyak gtuan -,-

Bermanfaat gan, akhirnya solved

Hehehe iya asal ada kemauan untuk belajar pasti bisa ko :)
Terimakasih sudah berkunjung

Sebenernya bisa si akalin Wifi yang ada Hotspot loginnya, Apalagi jika Fitur Cache diaktifkan
Caranya nnti saya coba bikin artikelnya dah
Singkatnya gini

Scan siapa saja yang konek dalam jaringan tersebut
Ambil salah satu Mac
Lakukan Cloning Mac address
Done

thanks gan tutornya , akhirnya berhasil juga

Silahkan berikan komentar dengan bijak demi kemajuan blog ini

Tidak menerima komentar berupa SPAM atau semacamnya, jangan salahkan Author jika komentar anda dihapus

Terimakasih, Salam Handika
EmoticonEmoticon